Hasil observasi dan wawancara kantor pos
LAPORAN HASIL OBSERVASI DAN WAWANCARA
KANTOR POS BANJAR
Dosen :
Wiwin Setianingsih, S.E., M.M.
Disusun Oleh :
Fachrul Salman Alfarisyi (3402170186)
Adha Dias Pangestu (3402170187)
Irfan Fajar Firdaus (3402170188)
Dikdik Dwi Pangestu (3402170194)
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GALUH
CIAMIS
2018
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur
ke hadirat Tuhan yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan
karunia-Nya kepada kelompok kami sehingga dapat menyelesaikan laporan hasil
wawancara ini yang mewawancarai tentang: “ Sistem Kerja Kantor Pos Cabang
Banjar”
Kami menyadari bahwa di
dalam pembuatan Laporan observasi dan wawancara ini tidak lepas dari bantuan
berbagai pihak. Untuk itu dalam kesempatan ini kami mengucapkan rasa hormat dan
terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam
pembuatan laporan ini.
Kami menyadari bahwa dalam
proses penulisan laporan wawancara ini masih jauh dari kesempurnaan baik materi
maupun cara penulisannya. Namun demikian, kami telah berupaya dengan segala
kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan
oleh karenanya, kami dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima
masukan, saran, dan usul guna menyempurnakan laporan hasil wawancara ini.
Semoga laporan hasil
observasi dan wawancara ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada
pembaca. Walaupun Laporan ini memiliki kelebihan dan kekurangan.
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kegiatan kunjungan ini
merupakan sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan ke Kantor Pos dan juga
bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan, sebagai pengajaran diluar kelas.
Dengan kegiatan ini mahasiswa dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang
bermanfaat untuk melatih mahasiswa agar dapat menyimpulkan apa yang dilihatnya
dan dituangkan dalam bentuk tulisan/laporan agar bermanfaat khususnya bagi para
pembacanya. Dan kami harapkan semoga dengan membuat Laporan ini, dapat
meningkatkan mutu pendidikan yang Produktif dan Inovatif.
B. Tujuan
Untuk
menyelesaikan tugas mata kuliah Pengantar Manajemen untuk mengetahui sistem kerja
dalam pengiriman di Kantor Pos Banjar.
C. Waktu
Dan Tempat Kegiatan
Wawancara ini dilaksanakan pada :
Hari /
Tanggal
: Jum’at, 29 Juni 2018
Pukul
: 10.00 WIB sd Selesai.
Tempat
: Kantor Pos Banjar.
Alamat : Jl. Kantor Pos, Hegarsari, Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat 46322.
D. Laporan Hasil Wawancara
Narasumber
: Pa Reza
Pewawancara : Irfan
Fajar Firdaus
Juru Foto
: Facrul Salman Alfarisyi
Juru Tulis
: Adha Dias Pangestu
Dikdik Dwi Pangestu
BAB 2
PEMBAHASAN
A. Sejarah
PT. Kantor Pos Indonesia
Perposan "Modern"
di Indonesia sejak 1602 di jaman V.O.C (Verenigde Oost Indische Compagnie).
Perhubungan pos pada waktu itu dilakukan terbatas diantara kota-kota tertentu
di P.Jawa dan luar P.Jawa dengan menggunakan alat angkut kereta kuda dan kapal
layar pacalang. Pada waktu itu suratpos ditempatkan pada Stadsherbrg (Gedung
Penginapan Kota) dan belum dilakukan pengantaran suratpos,sehingga tiap orang
dapat memeriksa apakah ada suratpos baginya. Sebuah kantor pos pertama kali
didirikan di jakarta pada tahun 1746 oleh Gubernur Jenderal G.W.Baron Van
Imhoff dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan suratpos. Beberapa tahun
kemudian didirikan kantorpos di kota-kota lainnya. Pada 1809 dibangun jalan
Raya Pos (Groote Postweg) oleh Gubernur Jenderal Daendels yang membentang
sepanjang 1000 km dari anyer ke panarukan. Pembangunan jalan raya pos membawa
perubahan luar biasa dalam perhubungan pos. Waktu tempuh dari Jawa Barat ke
Jawa Timur yang sebelumnya memakan waktu 40 hari dapat diperpendek menjadi 6 hari.
Hingga saat ini perjalanan pos Indonesia memang sudah berlangsung selama empat
abad, tetapi sejarah pos indonesia dimulai pada 27 September 1945, ketika
sekelompok angkatan muda PTT merebut gedung pusat PTT di Bandung dari kekuasaan
Jepang. Fase ini merupakan tonggak dimulainya pengelolaan dan pelayanan pos
oleh bangsa Indonesia. Peristiwa 27 September 1945 lebih dikenal sebagai
"Hari Bhakti Postel".
B.
Fungsi Dan Kegunaan Kantor
Pos
Kecanggihan teknologi dan menjamurnya jasa pengiriman
milik swasta makin meruntuhkan dominasi PT Pos 10 tahun belakangan ini. Apalagi
sekarang kantor pos tidak sekedar melayani jasa pengiriman barang namun sudah
menjadi lembaga keuangan non bank.
Kantor Pos kini melayani berbagai jasa pembayaran gaji, transfer uang, pembayaran entah telepon pasca bayar, rekening listrik, rekening PDAM, rekening internet, rekening telepon hingga cicilan kredit rumah atau motor.
Kantor Pos kini melayani berbagai jasa pembayaran gaji, transfer uang, pembayaran entah telepon pasca bayar, rekening listrik, rekening PDAM, rekening internet, rekening telepon hingga cicilan kredit rumah atau motor.
BAB 3
LAPORAN WAWANCARA
A.
Daftar Pertanyaan
1.
Bagaimana gambaran umun perusahaan dibagian
visi, misi?
Visi : Menyediakan layanan suratpos, paket, dan logistik yang handal
serta jasa keuangan yang terpercaya.
Misi : Berkomitmen kepada pelanggan untuk menyediakan layanan yang
selalu tepat waktu dan nilai terbaik. Berkomitmen kepada karyawan untuk
memberikan iklim kerja yang aman, nyaman dan menghargai kontribusi.
2.
Melihat persaingan yang ada saat ini, strategi
apa saja yang dilakukan di Kantor Pos Banjar dalam bersaing?
Dengan mencari pasar yang lebih luas, melakukan training
karyawan seperti sopan santun, penggunaan sistem baru, melakukan promosi pos di
website, tv atau iklan , mengembangkan layanan produk yang diberikan dan
mengoptimalkan penggunaan pengoperasian.
3.
Bagaimana sistem keamanan Kantor Pos Banjar
terhadap barang kiriman pelanggan?
Untuk keamanan terhadap pengiriman barang/ packing yaitu
dengan kantong pos, yang digunakan kaspersky, dan untuk proses selama
pengiriman barang dapat diasuransikan sesuai harga tanggungan (HTNB).
4.
Bagaimana proses pengiriman jika dilakukan
untuk kiriman ke luar kota?
Untuk pengiriman ke luar kota dilakukan dengan mengirimkan
barang yang ada ke kantor pusat. Jadi dari setiap cabang-cabang Jakarta barat diserahkan
ke kantor pusat cabang yaitu di pos Daan Mogot, dari Daan Mogot baru akan
didata dan diserahkan ke Kantor pusat Jakarta yang berlokasi di Jakarta Pusat.
Dari Jakarta Pusat baru akan disalurkan untuk ke luar kota PT.Pos melakukan
kerjasama disetiap armada baik darat, udara, laut. Jadi tinggal dilakukan
sesuai dengan jadwal pengoperasian setiap armada. Setelah itu baru diserahkan
ke kantor cabang daerah.
5.
Berapa jumlah kurir pengiriman saat ini di
Kantor Pos Banjar?
Jumlah yang ada saat ini ada 8 kurir yang tersebar ke seluruh
pelosok di daerah kota banjar.
6.
Apa yang dilakukan Kantor Pos jika terjadi masalah
seperti kerusakan, kehilangan ?
Jika hal terjadi seperti kehilangan barang kiriman ataupun
kerusakan pada barang maka PT Pos Indonesia wajib untuk memberikan ganti rugi
seperti:
1 Kerusakan Parah/Hilang 100% X Jaminan Ganti Rugi + 10 X
Biaya Pengiriman
2 Kerusakan Sebagian 50% X Jaminan Ganti Rugi + 5 X Biaya
Pengiriman.
7. Apakah
ada target yang ingin dicapai oleh Kantor Pos Banjar perbulan nya?
Ada, yaitu berkomitmen kepada pelanggan untuk menyediakan pelayanan yang
selalu tepat dan terbaik sehingga pelanggan puas dan mncapai profit atau
keuntungan kepada perusahaan.
BAB 4
PENUTUP
Kesimpulan
PT Pos
Indonesia memiliki banyak layanan jasa seperti pengiriman paket, pengiriman
uang, pembayaran air pam, listrik dan sebagainya. PT. Pos Indoensia sebagai
BUMN yang bergerak dibidang Industri Pos berdiri sebelum republik ini
merdeka berperan sebagai salah satu pemersatu kehidupan berbangsa, selain itu
peran dalam layanan pos dan logistik serta layanan-layanan baru yang merupakan
diversifikasi usaha PT. Pos meningkatkan laba bagi negara melalui penyertaan
modal pemerintah. Program pemberdayaan masyarakat, diantaranya melalui program
kerjasama dengan pesantren serta program-program lain yang merupakan sinergi
antara sesama BUMN maupun non BUMN menciptakan nilai tambah bagi PT. POS pada
akhirnya meningkatkan kegiatan perekonomian Indonesia.
Komentar
Posting Komentar